Uncategorized

Berbagi Kisah, Refleksi, dan Pengembangan Diri Seorang Guru

Berbagi kisah tentang pengajaran terhadap rekan kerja itu adalah sesuatu yang membangun lingkungan positif dalam lingkungan mengajar. proses peningkatan diri dalam mengajar itu tidak hanya sekedar mengingat materi, namun juga bisa didapat melalui mengutarakan pemikiran kita serta kesadaran tentang suatu konsep dan refleksi terhadap kelas. mungkin saja solusi terhadap tantangan dalam kelas bisa datang dari rekan kerja tempat di mana kamu berbagi cerita.
Tentu cara penyampaiannya dan apa yang akan kita sampaikan untuk dibagikan tergantung pada kita. Yang harus kita pertimbangkan adalah bagaimana kisah yang kita bagikan itu berarti dalam pembelajaran kita dan orang lain. Dengan berbagi cerita, kita bisa membangun hubungan yang baik dan sebagai timbal balik membuka cerita baru dari orang lain. Percaya orang lain dan jadi lebih terbuka, jadilah orang yang dipercaya agar komunikasi dapat terjalin dengan baik agar pintu hati untuk mau bercerita baik dari murid atau rekan guru bisa terbuka.
“if we create our realities through how we talk about them and we have a choice to emphasize the positive or the negative, what we choose to emphasize matters” Norum (2006)
Melalui berbagai kisah dalam kelas kita dapat menjadikannya proses refleksi. Ini adalah langkah awal membangun lingkungan kerja yang positif. Kita bisa membangun hubungan yang baik dengan lingkungan kerja dan rekan kerja kita melalui berbagi cerita. dengan berbagi kita mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan serta belajar hal positif yang baru.
Refleksi terhadap proses yang kamu lalui dapat dilakukan dengan berbagi cerita dan melakukan refleksi bersama sama orang lain. Kita bisa belajar sisi positif diri sendiri dari hasil refleksi dan diskusi. Tak jarang dalam pelatihan guru metode six thinking hats dilakukan agar bisa mendapatkan perspektif orang lain.
Seorang pengajar yang aktif dalam percakapan reflektif akan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana cara mereka mengajar, dan menjadi lebih terampil dalam memahami pertumbuhan diri mereka secara profesional serta semakin percaya diri dalam mengajar.
melalui proses refleksi Kita bisa belajar untuk meningkatkan kapasitas diri kita sendiri. Refleksi dapat dianggap bahwa sebagai kesempatan pertumbuhan mental dari dalam diri. Berbagi cerita tentang apa yang terjadi di kelas adalah alat yang sangat kuat untuk mengembangkan diri seorang guru. Guru bisa saling menguatkan satu sama lain dengan berbagi pengalaman. 
Memang dalam kenyataannya tidak semua orang dapat berbagi dengan mudah. Beberapa orang tidak mampu untuk menyuarakan pendapatnya dengan lancar. Bagi mereka, saya dapat menyarankan untuk bisa menulis pengalaman mereka. Kamu bisa menggunakan yang namanya catatan mengajar atau teaching Journal. 
mungkin anda merasa malu untuk menuliskan pengalaman anda, namun melalui menulis Anda bisa mengembangkan diri Anda. Sekarang anda bisa menuliskan di smartphone dan menggunakan berbagai macam platform. Ada blog, Facebook, Twitter, Instagram, padlet,atau buku catatan biasa.
buku catatan mengajar bisa anda gunakan untuk menuliskan pengalaman anda mengajar di kelas, dan melakukan refleksi serta mencari solusi terhadap masalah di kelas. terkadang malu komentar dan feedback kita dapat menemukan jalan keluar atau solusi permasalahan.
Jadi kesimpulannya Ayo kita saling berbagi cerita tentang bagaimana kita mengajar agar kita bisa belajar dengan lebih baik.

Uncategorized

Menilik Potensi Wisata Pantai Seraya (Sepinggan Raya) Kota Balikpapan

Balikpapan merupakan daerah yang dikelilingi pantai dan laut. Potensi wisata berbasis pinggir pantai di Balikpapan sangat tinggi potensinya. Oleh karena itu banyak wisata di Balikpapan itu berupa pantai seperti pantai Manggar dan pantai lamaru.

Baru-baru ini ada pantai yang diresmikan pemerintah untuk dikembangkan sebagai objek wisata Balikpapan. Pantai tersebut bernama pantai seraya yang berasal dari nama Sepinggan Raya yaitu kelurahan tempat pantai tersebut berada.

Pantai ini terletak di belakang pemukiman warga dan tak jauh dari SMP negeri 5 Kota Balikpapan. Lebih gampangnya pantai ini terletak di belakang landasan bandara. jalanan yang digunakan masih kecil dan melewati rumah warga. Jadi, sangat sulit aksesnya untuk yang mengendarai mobil apalagi bus. Jika Anda memakai kendaraan roda empat Anda harus parkir cukup jauh dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Akses ke pantai ini lebih mudah dengan motor.

Pantai ini terlihat cukup cantik dan masih sepi pengunjung. Meskipun, rumput masih panjang dan masih ada hewan liar seperti kambing dan ayam berkeliaran. Petugas pembersihan yang ada di pantai Seraya hanya 4 orang, jadi masih ada saja sampah yang terlihat dan larut dari parit besar di sepinggan. Akan tetapi warganya cukup peduli dan saya melihat potensi yang cukup tinggi jika pantai yang terjaga kebersihannya.

Karena masih baru pantai ini masih dalam tahap pengembangan dan harus dirapikan lagi. Tapi hal tersebut tidak mengurangi keunikan pantai ini. Pantai seraya memiliki jasa penyewaan perahu oleh para warga sekitar. perahu tersebut dapat digunakan untuk memancing ikan. Tarif yang dipatok untuk menyewa perahu berkisar antara rp100.000 hingga rp150.000 untuk perahu dayung, untuk perahu bermotor tarif yang dipatok antara rp200.000 hingga rp250.000 sudah termasuk bahan bakar. Sekali menyewa Anda bisa memakai kapal tersebut hingga puas.

Warga sekitar sendiri kebanyakan bekerja sebagai nelayan dan beberapa bekerja di bandara sebagai security atau pegawai kecil lainnya. Warga yang saya wawancarai bercerita bahwa lokasi mancing di pantai seraya cukup diminati dan sangat berpotensi apalagi mengingat banyak kapal besar yang lewat jalur pantai ini.

Selain untuk foto epic di pinggir pantai dengan properti kapal nelayan. pantai Selayar merupakan tempat yang sangat strategis untuk memotret pesawat yang terbang Karena posisinya yang ada di belakang bandara. Anda dapat memotret pesawat dari bawah dengan bagus jika beruntung.

Bagi yang belum pernah main jangan ragu-ragu untuk mencoba mengunjungi pantai seraya ya. Untuk bergalau ria dan menikmati angin pantai sambil minum es di siang hari tempat ini sudah cukup nyaman.

#StoriesofPen

Ngobrol sendiri pas Pengukuhan Badan Pengelola Islamic Center Balikpapan

hari ini kami mendapatkan undangan untuk menghadiri acara pengajian di Aula Pemerintah Kota Balikpapan. pengajian ini sudah menjadi acara rutin sih di lingkungan ASN kota Balikpapan namun ternyata hari ini tidak hanya pengajian ada juga acara lain yang ternyata menjadi acara inti dari undangan hari ini yakni pengukuhan sebuah badan yang akan menjadi pengelola masjid Islamic center Balikpapan.
Badan pengelola Balikpapan Islamic center hari ini di kukuhkan dan ternyata Islamic center masih di bawah pemerintah kota Balikpapan. Saya kira selama ini ada pengurusnya ternyata belum ada.
ya Saya kira untuk pengelolaan masjid yang cukup besar ini dibutuhkan pengolahan yang cukup baik apalagi Islamic center Balikpapan merupakan masjid paling besar di di kota ini.

Masjid besar sih tapi sekarang masjid itu nggak mesti besar untuk menjadi nyaman karena pada umumnya masjid-masjid besar seperti Islamic center dan attaqwa itu nggak ada AC nya cuma dibuat lapang sedangkan masjid-masjid kecil bahkan mushola di kampung itu punya AC dan sejarah yang cukup nyaman yang rasanya pengen buat tidur kalau kita sujud sebagai contoh tempat dimana saya salat Jumat kecil aja api selalu penuh ramai dan berAC

Jujur aja aku nggak perhatikan sih inti dari acara tersebut tapi aku di situ bisa bertemu dengan beberapa teman-teman seangkatan CPNS yang berasal dari dinas berbeda. Seneng ketemu mas Adi dari diskominfo, Yovonda dan juga Saleh dari BKPSDM yang sepertinya menjadi penyelenggara acara hari ini.
selain ngobrol ringan ya kita cerita-cerita lah soal yang jomblo di hari Valentine dan juga anggota-anggota teknis yang belum menikah dan punya pasangan ngomongin kompetisi kucing mas Adi dan bagaimana aktualisasi kita berjalan banyak hal. Sedikit banyak tahulah tentang bagaimana aktualisasi dulu dijalankan, mas Syahrul salah satu PNS dinas koperasi UMKM dan perindustrian cerita bahwa dia dulu bahkan menjalankan 11 kegiatan, apa kata saya yang cuma 5 kegiatan hehe.

Karena ada temen ngobrol jadi saya nggak begitu memperhatikan acaranya tapi saya memperhatikan salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan walikota Balikpapan atau wakilnya pada saat acara di Pemkot adalah pembagian hadiah.
Singkat cerita di akhir acara setelah pengesahan atau pengukuhan walikota maju memegang mic dan menawarkan hadiah bagi mereka yang berani bertanya menurut salah satu teman katanya sih dapat amplop isinya rp250.000.
nah sekarang saya malah kepikiran nih karena kemarin baru aja latsar pelatihan dasar salah satu nilai dasar PNS ANEKA itu adalah anti korupsi. nah pertanyaannya adalah apakah yang dilakukan walikota merupakan sebuah gratifikasi ? karena presiden Jokowi juga melakukan hal yang sama namun menawarkan hal yang berbeda (sepeda) untuk masyarakat?
gimana menurut kalian apakah seorang pejabat memberikan hadiah kepada para pengikutnya bawahannya merupakan sebuah gratifikasi atau apresiasi samakah tindakan yang dilakukan bapak Jokowi dan bapak walikota?

Bonus mas adi bikin stiker stikeran jail

#StoriesofPen

Indie Rock your Jogging and Walk with this Playlist

I am on my diet now, and started to jog and walk again. One problem with it is that walking alone is really boring, so i need something to keep the excitement up. recently, i have found good soundtracks to listen while going jogging. my feelings is full of spirit because the upbeat rock song. give it a listener. give it a try

Continue reading “Indie Rock your Jogging and Walk with this Playlist”

Uncategorized

Mencintai Negri Indonesia Lewat MPR? Ngobrol Bareng Netizen Balikpapan

 

IMG20191207115055

Tak kenal maka tak sayang, udah pada kenal ga sih ama lembaga negara yang namanya MPR? MPR atau majelis permusyawaratan Rakyat ini baru saja melantik susunan anggota terbarunya oktober kemarin. Susunan untuk periode 2020-2024 ini menambah jumlah pimpinan bertambah menjadi 10 orang pimpinan. Komposisinya¬† terwakilkan oleh tiap fraksi partai. Mengapa sih penting untuk mengetahui lembaga ini emang kerjanya ngapain? Continue reading “Mencintai Negri Indonesia Lewat MPR? Ngobrol Bareng Netizen Balikpapan”